Ini Strategi Menkominfo Kejar 1.000 Startup Digital di Indonesia




wegewgewggwegwg

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menguraikan beberapa strategi pemerintah untuk mencapai target 1.000 startups digital di Indonesia. Hal ini dilakukan sejalan dengan pengenalan Nasional Gerakan Digital Startup 1000 ini dimaksudkan untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energi Asia.

"Indonesia harus kompetitif dalam bisnis ini dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, tidak 250 juta orang di Indonesia hanya menjadi konsumen saat bermain di Indonesia justru orang luar negeri," katanya dalam jumpa pers peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Graha Sabha Pramana UGM, Sabtu (2016/08/13).

Rudiantara mengatakan pemerintah menargetkan startups digital di Indonesia dapat memberikan kontribusi Rp 130 miliar pada tahun 2020. Pada tahun 2014, pembayaran bisnis dicatat ini hanya mencapai Rp 12 miliar.

Dia mengatakan pemerintah telah membuat peta jalan tentang eCommerce dan legalitas akan diperkuat melalui keputusan presiden.

Selain itu, perbaikan infrastruktur juga didorong termasuk menargetkan pada tahun 2019 kabupaten dan kota di Indonesia sudah terhubung ke broadband untuk memperkuat jaringan.

Demikian pula, pembiayaan, kata Rudiantara, pemerintah sudah diatur, antara lain melalui pajak murah hati, pajak penghasilan dibuat datar, melakukan pembayaran lebih mudah dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dia juga meminta bisnis startup tidak perlu khawatir dalam menjual produk mereka. Menurut dia, upaya divalidasi startup akan membuat uang dengan sendirinya. Kementerian ekonomi juga telah menyiapkan peta jalan tentang bagaimana pemerintah mengalokasikan dana.

No comments

dilarang keras pada komentar

Powered by Blogger.